Tips Kerja & Karir

Keep up to date with the latest news

Oops! Ini Dia Berbagai Kesalahan Fatal Dalam Interview – Bgawe.info

Oops! Ini Dia Berbagai Kesalahan Fatal Dalam Interview – Bgawe.info


Bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan, panggilan interview atau wawancara pasti sangat menyenangkan sekaligus menakutkan untuk kamu. Tahap interview memang bisa dibilang tahapan yang lebih jauh saat sedang melamar pekerjaan.

Ketika lolos ke tahap interview tidak sedikit orang merasa bahwa hanya tinggal selangkah lagi untuk mendapatkan pekerjaan impian. Namun tidak sedikit pula yang melakukan kesalahan fatal dalam interview, lho!

Kesalahan fatal dalam interview dapat membuat pekerjaan yang kamu inginkan hilang begitu saja. Selain itu, kamupun jadi membuang waktu dan tenaga karena melakukan kesalahan-kesalahan tersebut.

Agar kamu menjadi kandidat yang tidak melakukan kesalahan fatal dalam interview dan lolos menjadi pegawai, yuk simak dibawah ini berbagai kesalahan fatal dalam interview yang biasanya orang lakukan secara tidak sadar!

Tidak Menjadi Diri Sendiri

kesalahan fatal dalam interview

Tidak menjadi diri sendiri biasanya menjadi salah satu kesalahan fatal dalam interview.

Mengungkapkan kelebihan dan kepentingan diri saat interview memang perlu dilakukan, apalagi hal ini dapat mempengaruhi nilai dari interviewer agar semakin baik. Namun, jangan terlalu fokus menggambarkan kebaikan diri agar diterima oleh perusahaan hingga berani menipu atau berbohong saat interview.

Jadilah diri sendiri saat sedang interview dapat membuatmu menjadi kandidat yang dihargai. Beri tahu perusahaan yang kamu lamar kekurangan yang kamu miliki namun tetap diimbangi dengan kelebihan dan usaha apa yang kamu lakukan untuk mengatasi kekuranganmu.

Contohnya, jika kamu adalah seorang yang pelupa, katakanlah kepada perusahaan bahwa kamu orang yang seperti itu namun akan berusahan mengimbanginya dengan rajin mencatat hal-hal penting agar tidak lupa.

Dengan menjadi diri sendiri, kamu pun akan mendapatkan kemudahan jika diterima oleh perusahaan yang kamu tuju.

Kamu tidak perlu berpura-pura bisa mengerjakan sesuatu atau memiliki kemampuan tertentu tapi dapat dengan mudah terbuka dan meminta diajari agar lebih berkembang. So, jadilah diri sendiri dan hindari kesalahan fatal dalam interview yang satu ini!

Tidak Mencari Informasi

Kesalahan Fatal Dalam Interview

Kamu mungkin saja hanya iseng atau tidak begitu berharap ketika melayangkan dokumenmu untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan, sehingga kamu tidak tahu sama sekali mengenai perusahaan tersebut.

Hal tersebut memang wajar, namun alangkah baiknya jika kamu tetap melakukan riset kecil-kecilan mengenai perusahaan yang kamu tuju sebelum menghadiri interview.

Gunakanlah jeda waktu dari saat pengumuman hingga hari dimana kamu diinterview untuk menggali informasi yang menurutmu penting untuk diketahui.

Dengan berbekal banyak informasi kamu dapat mengetahui dan menimbang kembali apakah perusahaannya sudah cocok dengan minat kamu.

Jangan sampai kamu hanya membuang-buang waktu serta tenaga dirimu dan orang lain untuk melakukan interview jika kamu memang tidak tertarik dengan perusahaannya.

Tidak mencari informasi juga dapat menjadi kesalahan fatal dalam interview karena menunjukan kamu adalah kandidat yang tidak serius. Kamu juga dapat kesulitan menyamakan visi dan misi yang kamu bawa untuk perusahaan yang kamu lamar karena ketidaktahuanmu.

Saat ini, akses informasi sudah sangat mudah. Tidak jarang perusahaan melampirkan berbagai informasi melalui situs resmi dan media sosial sehingga bisa diakses secara online kapanpun dan dimanapun. Jadi, tidak ada alasan untuk kamu membuat kesalahan fatal dalam interview yang satu ini ya!

Tidak Menjaga Kesopanan

Kesalahan Fatal Dalam Interview

Ada berbagai tindakan yang seringkali tidak kita sadari merupakan kesalahan fatal dalam interview lho. Hal tersebut juga mempengaruhi nilai kesopanan saat interview.

Datang terlambat dapat menjadi salah satu tindakan fatal dan tidak sopan tersebut. Ketepatan waktu adalah hal yang penting sekali dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Jadi, hindarilah datang terlambat saat interview karena hal ini dapat menunjukan bahwa kamu bukan karyawan yang baik dalam menyelesaikan pekerjaan.

Selain itu, perhatikan juga nada serta intonasi bicara saat sedang menjalani interview. Gunakan nada serta intonasi yang santun dan apa adanya, tidak perlu berbicara terlalu keras dan tergesa-gesa.

Cara berbicara yang tidak tepat dapat menjadi kesalahan fatal dalam interview karena dapat membuat interviewer merasa tidak nyaman dan berujung tidak memperhatikan isi dari penjelasanmu.

Tidak Menunjukkan Ketertarikan

Kesalahan Fatal Dalam Interview

Jika kamu memang menginginkan suatu pekerjaan, maka kamu perlu menunjukannya! Tidak perlu terlalu ambisius dan terang-terangan tetapi juga jangan sampai jual mahal dan acuh tak acuh dengan kelanjutan proses rekrutmen.

Saat wawancara, alangkah baiknya jika kamu menunjukan ketertarikan dengan mengajukan pertanyaan mengenai perusahaan, seperti visi misi mereka atau kultur bekerja yang selama ini mereka bangun.

Selain itu, kamu juga perlu aktif dalam menanyakan tahap berikutnya. Jangan biarkan perusahaan yang kamu tuju menggantungmu, beranikan diri untuk menanyakan apakah kamu lolos atau tidak dalam kurun waktu yang telah disepakati.

Dengan begitu, kamu menunjukan rasa tertarikmu terhadap perusahaan tersebut dan interviewer tidak ragu untuk merekrutmu!

Nah, sudah tahu kan beberapa kesalahan fatal dalam interview yang perlu kamu hindari agar kamu diterima?

Yuk sign up di Bgawe.info untuk tahu berbagai lowongan pekerjaan terbaru dan dapatkan kesempatan diinterview perusahaan impian!

Tetap semangat dalam menyiapkan diri untuk tahap interview ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: