Tips Kerja & Karir

Keep up to date with the latest news

Lakukan 5 Hal ini jika tidak bisa Menjawab Pertanyaan Interview

Bgawe.info – Tips Seputar Tentang Dunia Kerja 2020/2021


Kelancaran sebuah interview dapat menjadi salah satu faktor penentu apakah kamu akan diterima di pekerjaan tersebut atau tidak, sehingga tahap ini menjadi tahap yang dapat dibilang cukup penting dalam proses perekrutan karyawan.

Oleh sebab itu, menjadi sangat penting bagi kamu untuk melalui proses ini dengan baik. Tentu sebelum melalui proses ini, kamu akan merasa sangat ingin tahu pertanyaan-pertanyaan interview seperti apa yang akan kamu terima.

Seperti interview pada umumnya, kamu akan diperhadapkan dengan berbagai macam pertanyaan interview yang dapat menilai apakah kamu orang yang selama ini dicari oleh perusahaan tersebut. Namun, bagaimana jika kamu menerima pertanyaan inteview yang tidak terduga? Berikut 6 hal yang dapat kamu lakkan jika tidak dapat menjawab pertanyaan interview.

Jangan panik

pertanyaan interview

Tahukan kamu, bahwa dengan panik kamu tidak dapat berpikir jernih?

Kamu dapat memulai persiapan interview-mu dengan mempelajari pertanyaan interview mendasar yang seringkali ditanyakan di banyak interview. Kuasailah pertanyaan-pertanyaan tersebut dan latih dirimu untuk menjawab pertanyaan interview tersebut dengan baik.

Namun, apabila saat interview kamu panik karena tidak mampu menjawab pertanyaan interview, usahakan untuk tidak menunjukkan rasa panik itu kepadainterviewer-mu. Saat panik, mungkin kamu akan terlihat lebih berkeringat dan terbata-bata saat berbicara. Tetaplah tenang, agarinterviewer dapat melihat bahwa kamu sudah mempersiapkan dengan baikinterview ini. Milikilah gestur yang tetap asertif dan tenang agar kamu terlihat menguasaiinterview tersebut.

Tetaplah tenang pada saat menjawab pertanyaan interview

pertanyaan interview

Salah satu cara yang dapat membantumu tetap tenang adalah dengan mengatur napasmu dengan baik. Cobalah bernapas dengan ritme yang pelan dan stabil. Aliran oksigen yang secara teratur bergerak menuju otakmu akan membantumu untuk berpikir lebih jernih menganai bagaimana kamu harus merespon pertanyaan-pertanyaan interview yang mungkin datang di luar dugaanmu.

Di saat kamu memiliki ketenangan di dalam dirimu sendiri, kamu menunjukkan bahwa kamu menguasai seluruh pertanyaan interview yang ada dan menguasai seluruh proses yang harus kamu lalui. Namun, tidak ada salahnya juga untuk mengakui rasa yang menganggu pikiranmu, Apabila kamu benar-benar merasa gugup, atau kurang mengerti pertanyaan interview yang diberikan, maka kamu dapat langsung memberi tahu interviewer yang kamu rasakan. Dengan cara ini, kamu menunjukkan bahwa kau adalah seseorang yang mau terbuka dan berbagi, jujur, serta menjadi cara untuk mencairkan suasana.

Selain itu, usahakan untuk tidak mengatakan kalimat-kalimat yang membuatmu dipandang negatif oleh recruiter.

Dapatkan waktu lebih banyak untuk berpikir

pertanyaan interview

Banyak orang berkata waktu tidak dapat dibeli. Bagaimana respon kamu jika kamu mengetahui bahwa waktu yang kamu miliki untuk menjawab pertanyaan interview yang diberikan kepadamu, bisa kamu beli?

Interviewer akan mempertanyakan pertanyaan-pertanyaan interview yang mungkin tidak terduga. Pertanyaan interview seperti itulah yang dapat kamu gunakan untuk membeli waktu. Misalnya, pada saat interviewer menanyakan bagaimana kamu mengatasi konflik yang ada di dalam tim. Kamu dapat mengklarifikasi ulang pertanyaan interview tersebut dengan menanyakan misalnya konflik seperti apa yang diharapkan olehinterviewer, atau apakah konflik harus di dalam tim satu divisi atau antar divisi. Seluruh pertanyaan klarifikasi yang kamu ajukan dapat memberikanmu waktu lebih banyak untuk berpikir.

Jangan malu untuk menceritakan pengalamanmu
pertanyaan interview

pertanyaan interview

Selalu baik untuk berbagi, bahkan kepada pewawancaramu. Pertanyaan interview yang kamu dapatkan mungkin akan berkaitan dengan CV-mu. Namun, pertanyaan-pertanyaan interview yang tidak terduga biasanya akan berbicara mengenai pengalamanmu. Di waktu itulah kamu dapat membagikan pengalamanmu berhadapan dengan divisi yang berbeda, menghadapi klien, atau yang lainnya.

Seringkali karena kamu ingin mencari pengalaman, kamu melamar di posisi yang mungkin sebenarnya kamu kurang terekspos dengan apa yang terjadi di dalamnya. Pastikan pada kasus ini kamu sudah mempelajari seluk beluk posisimu dengan baik.

Sebagai contoh, kamu akan melamar di posisi pemasaran, namun latar belakangmu adalah di bidang finansial. Kamu tentu akan menghadapi pertanyaan interview mengenai alasanmu memilih posisi dan bidang tersebut sebagai pekerjaanmu. Akan ada struktur jawaban yang baik yang dapat kamu gunakan. Bicarakan terlebih dahulu apa yang kamu tahu dan kamu pelajari dari bidang yang akan kamu ambil, ceritakan pengalamanmu dan kontribusi apa yang dapat kamu berikan kepada divisi pemasaran dengan latar belakang finansial.

Terbukalah mengenai apa yang terjadi dan katakan yang sejujurnya
pertanyaan interview

pertanyaan interview

Sama halnya seperti membagikan pengalaman, bagikanlah juga perasaanmu selama proses intreview. Kamu mungkin merasa gugup selama interview berjalan, atau mungkin karena menerima pertanyaan interview yang tidak kamu duga akan kamu dapatkan.

Dengan ini, kamu mencairkan ketegangan yang terjadi di dalam ruang interview. Interview erakan melihat bahwa kamu adalah pribadi yang terbuka dan tentu menginginkan yang terbaik sebagai hasil dari interview ini.

Pada akhirnya, persiapan yang matang tentu akan membuahkan hasil yang baik pula, sehingga ada baiknya bahwa dalam kesempatan inteview apapun, kamu selalu mempersiapkan dirimu dengan baik. Pelajarilah hal – hal yang perlu kamu tahu untuk menjalani proses inteviewmu. Temukan kesempatan interview pertamamu dan tips interview lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: