Tips Kerja & Karir

Keep up to date with the latest news

Hindari 5 Kesalahan Fatal ini Ketika Interview Kerja – Bgawe.info

Hindari 5 Kesalahan Fatal ini Ketika Interview Kerja – Bgawe.info


Apa kalian termasuk kandidat yang sudah pernah berulang kali interview namun gagal? atau golongan kandidat yang masih menunggu panggilan kerja pertama? Entah kalian masih mahasiswa, fresh graduates atau bahkan karyawan yang sedang mencari lowongan pekerjaan baru, wawancara merupakan tahap yang sudah pasti harus dilewati untuk mendapatkan pekerjaan full-time maupun magang. Sekarang kita mau berbagi rahasia ke kalian tentang kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh kandidat saat interview, yuk disimak!

Sumber Gambar: jobsearchabout

1. Terlambat

Tiba tepat waktu dalam tahap wawancara merupakan hal wajib. Jika kalian belum kenal dengan daerah tempat kalian akan interview, survey tempat setidaknya satu hari sebelum hari H. Ingat macetnya Jakarta sudah bukan rahasia dan tidak boleh dijadikan alasan keterlambatan lagi. Jadi, kalian harus bisa perhitungkan waktu yang kalian habiskan di jalan. Oh iya, kalian juga harus bisa memperhitungkan waktu untuk hal-hal yang tidak terduga seperti misalnya kehilangan kunci rumah/kosan, kunci motor/mobil, pasangan kaos kaki, termasuk perhitungan waktu menunggu transjakarta, transportasi online dan angkutan umum lainnya. Sebagus apapun CV kalian, terlambat saat tahap interview akan menunjukkan pribadi yang kurang professional dan tidak pandai mengatur waktu.

2. Tidak Membaca dan Memahami Profil Perusahaan

Nah, kesalahan ini merupakan kesalahan kandidat yang super fatal dan sering banget ditemukan ketika tahap wawancara. Ya, banyak dari kandidat yang tidak memahami atau setidaknya membaca profil (termasuk visi dan misi) perusahaan. Mungkin kalian bisa dengan lancar saat menjawab pertanyaan seputar diri maupun passion kalian, tapi ketika kalian tidak bisa menjawab pertanyaan seputar perusahaan…kalian akan benar-benar terlihat tidak siap bekerja di mata interviewer. Jadi, jangan malas untuk membaca informasi tentang perusahaan yang dituju dan siapkan jawaban yang tepat untuk pertanyaan “kontribusi apa yang kira-kira Anda bisa lakukan di perusahaan ini?” atau “mengapa Anda mau bekerja bersama kami?”.

CdjAprAUkAEpwLY

3. Berkomentar Buruk tentang Pekerjaan ataupun Perusahaan Sebelumnya

Jika kalian sudah pernah bekerja sebelumnya, interviewer biasanya akan menanyakan alasan Anda resign dari pekerjaan tersebut. Nah, seburuk apapun kondisi di perusahaan sebelumnya, jangan pernah berkomentar jelek tentang bos, rekan kerja, atau gaji dan tunjangan di pekerjaan yang lama ya. Sebab dengan berkomentar negatif tentang pekerjaan sebelumnya, interviewer akan berpikir kalian berpotensi melakukan hal yang serupa ketika memutuskan pindah ke perusahaan lain.

4. Memohon yang Berlebihan alias Terlihat Desperate

Mungkin kalian sudah lelah kesana kemari untuk memenuhi panggilan kerja namun belum satupun ada yang lolos, tapi jangan pernah kelihatan desperate di depan interviewer. Sebesar apapun kalian menginginkan pekerjaan tersebut kalian harus bisa menjaga sikap di depan perekrut kerja. Usahakan untuk terlihat excited dengan pekerjaan maupun visi misi perusahaan, namun juga jangan terlalu berlebihan dan memperlihatkan seolah-olah kalian tidak bisa hidup jika tidak diterima di perusahaan tersebut.

5. Tidak Mempersiapkan Pertanyaan

“Apa Anda punya pertanyaan untuk saya baik mengenai pekerjaan maupun perusahaan ini?” Pertanyaan pamungkas terakhir ini sudah pasti ditanyakan oleh interviewer, dan menjawab “tidak” adalah satu kata yang perekrut kerja tidak mau dengar. Bertanya akan memperlihatkan jika kalian tertarik dengan posisi pekerjaan dan perusahaan yang dituju, selain itu pertanyaan juga akan memperlihatkan bahwa kalian memiliki inisiatif yang tinggi.

Sudah siap untuk interview? Klik Bgawe.info sekarang untuk melamar ke sejumlah perusahaan terbaik di Jakarta atau konsultasi lebih lanjut dengan salah satu pakar karier kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: